Bacaan Basmalah: Statusnya di Berbagai Ayat Alquran, Hukum Tidak Membacanya saat Sholat dan lain-lain
TSIRWAH INDONESIA – Basmalah adalah sebutan untuk bacaan ‘Bismillahirrahmanirrahim‘. Basmalah ada di surat-surat Alquran mulai Al-Fatihah hingga surat terakhir yakni An-Nas, kecuali di surat At-Taubah atau yang terkadang dikenal dengan surat Baro’ah.
Muncul problematika yang menjadi tanda tanya dalam benak masyarakat, apakah basmalah ini bagian ayat dari surat-surat tersebut, ataukah bukan, lalu bagaimana hukum membacanya, tidak membacanya dan lain-lain.
Berikut adalah hasil dari diskusi yang dilakukan di grup whatsapp komunitas Tsirwah Indonesia, simak.
╔═┄┄┄┉┉✽̶◆◇◇◆✽̶┉┉┄┄┄═╗
✒️ TANYA JAWAB TSIRWAH
╚═┄┄┄┉┉✽̶◆◇◇◆✽̶┉┉┄┄┄═╝
🅃🅂🄸🅁🅆🄰🄷 🄸🄽🄳🄾🄽🄴🅂🄸🄰
Pesantren Digital, Malang, Jatim
https://tsirwah.id
4 Maret 2023
PERTANYAAN
Wajibkah baca bismillah pada bacaan surah pendek, setelah al fatihah?
kan klo bismillah pada al fatihah itu wajib
klo surah pendek stlhnya gmn?
mohon pnjlsnnya🙏
JAWABAN
Membaca Basmalah untuk setiap awal surat selain Fatihah, adalah disunahkan (kecuali surat Baro’ah).
Hal ini disebabkan mayoritas ulama bersepakat bahwa basmalah adalah bagian dari Al-Quran, sebab surat-surat Alquran saat diwahyukan, memang sedari sananya sudah ada basmalahnya, kecuali surat Baro’ah atau surat Taubah (juz 10).
Maka, jika misalnya membaca surat Al-Maidah tanpa baca Basmalah, sama dengan meninggalkan sebagian ayat Alquran dari surat Al-Maidah itu sendiri.
📚 Mausuah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyah
تُسْتَحَبُّ قِرَاءَةُ الْبَسْمَلَةِ فِي أَوَّل كُل سُورَةٍ سِوَى بَرَاءَةٌ فَإِنَّ أَكْثَرَ الْعُلَمَاءِ قَالُوا: إِنَّهَا آيَةٌ حَيْثُ تُكْتَبُ فِي الْمُصْحَفِ وَقَدْ كُتِبَتْ فِي أَوَائِل السُّوَرِ سِوَى بَرَاءَةٌ، فَإِذَا قَرَأَهَا كَانَ مُتَيَقِّنًا قِرَاءَةَ الْخَتْمَةِ أَوِ السُّورَةِ، فَإِذَا أَخَل بِالْبَسْمَلَةِ كَانَ تَارِكًا لِبَعْضِ الْقُرْآنِ عِنْدَ الأَْكْثَرِينَ
[مجموعة من المؤلفين، الموسوعة الفقهية الكويتية، ١٩٢/١٦]
Syaikh Abi Bakar Syatho juga menjelaskan bahwa para sahabat pun bersepakat bahwa basmalah merupakan bagian dari surat-surat dalam Al-quran, selain surat Taubah atau Baro’ah.
📚 I’anatuth Tholibin
(قوله: وكذا من كل سورة) أي وكذلك هي آية من كل سورة، لحديث أنس المار، ولأن الصحابة أجمعوا على إثباتها في المصحف بخطه في أوائل السور سوى براءة.
[البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٦٣/١]
♻️ Bagaimana dengan Basmalah di Al-Fatihah saat Sholat
Adapun saat sholat, sebab Basmalah adalah bagian dari Al-Fatihah, maka membacanya pun juga wajib, karena Fatihah adalah wajib dalam sholat, dan Basmalah adalah bagian dari Fatihah, maka wajib pula dibaca.
Syaikh Abi Bakar Syatho menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian membaca Fatihah, bacalah Basmalah, karena ia adalah bagian darinya.”
📚 I’anatuth Tholibin
(قوله: لانه – صلى الله عليه وسلم – إلخ) وصح أيضا قوله – صلى الله عليه وسلم -: إذا قرأتم بالفاتحة فاقرؤا بسم الله الرحمن الرحيم فإنها أم القرآن والسبع المثاني، وبسم الله الرحمن الرحيم إحدى آياتها.
[البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٦٣/١]
Sebagian ulama seperti Imam Malik dan lain-lain menganggap bahwa basmalah bukanlah bagian dari Alquran, hal ini sebagaimana dalam hadits dari Anas bin Malik dan Ibnu Abdullah bin Mughaffal, bahwa Nabi dan beberapa sahabat tidak membaca basmalah Surat al-Fatihah saat shalat:
…وَقَدْ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَمَعَ أَبِي بَكْرٍ، وَمَعَ عُمَرَ، وَمَعَ عُثْمَانَ، فَلَمْ أَسْمَعْ أَحَدًا مِنْهُمْ يَقُولُهَا، فَلاَ تَقُلْهَا، إِذَا أَنْتَ صَلَّيْتَ فَقُلْ: “الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِينَ”.
Artinya: “… Aku pernah shalat bersama Nabi, Abu Bakar, Umar dan Utsman, namun aku belum pernah mendengar mereka membacanya (basmalah). Maka jangan ucapkan itu, dan jika melaksanakan shalat maka baca, ‘alhamdulillahirabbil ‘alamin’ (maksudnya Surat al-Fatihah, tanpa basmalah).” (HR Tirmidzi).
Akan tetapi beberapa ulama menilai bahwa hadits tersebut tidak terlalu jelas menyatakan bahwa basmalah bukanlah bagian dari Fatihah, sedangkan hadits yang sebelumnya adalah jelas, sebab Rasulullah menyebutkan bahwa Basmalah adalah bagian dari Fatihah.
♻️ Bagaimana dengan bacaan Basmalah yang kadang ada yang disuarakan kadang ada yang tidak
Langsung menuju pada hukum mengeraskan bacaan yang biasa disebut sebagai Jahr (bacaan keras) dan Sirr (bacaan lirih).
Sholat dibaca Jahr, Fatihah maupun surat pendeknya adalah ketika Subuh, Maghrib, Isya. Dibaca Sirr ketika Dhuhur dan Ashar.
Sebagaimana status bacaan Jahr-nya Fatihah dan surat pendek tadi adalah ‘disunnahkan’, maka begitu pula Basmalah sebagai bagian dari Fatihah, hukumnya adalah sunah.
Maka, jika ada yang membaca Basmalahnya tanpa suara, kemudian baru bersuara saat baca ‘Alhamdulillahirabbil Aalamiin’, maka tidak masalah.
Wallohu Alam
Oleh Ustadz Hafidz, menyadur hasil diskusi grup whatsapp Tsirwah